Senin, 02 Januari 2012

Boy dan Girl band korea versi 27 koreografer

IBARAT mati satu tumbuh seribu, jumlah boy dan girl band di Korea terus bertambah.
Laman berita Allkpop menyebutkan, jumlah boy dan girl band Korea yang meramaikan jagat hiburan tahun 2011 akan mencapai lebih dari seratus grup.
Grup mana yang paling berkualitas?
Biasanya mereka dinilai berdasarkan seberapa banyak massa pendukungnya, seberapa tinggi popularitasnya, seberapa banyak penjualan album, dan seberapa intens kemunculannya di panggung.
Bagaimana dari segi kualitas? Salah satu faktor penting yang menentukan kualitas grup penyanyi selain kemampuan olah vokal, kemampuan olah tubuh alias koreografi.
Sebuah survei digagas dengan menunjuk 27 koreografer dan penari profesional Korea, di antaranya Lee Won Woo, Jin Jung Woon, Shin Mi Yeon, Lee Woo Won, dan Han Ji Hun sebagai juri penilai, untuk menentukan grup dan personel boy dan girl band terbaik di Korea.
Dengan kapasitas para juri sebagai penari, kurang lebih penilaiannya dititikberatkan pada kemampuan para penyanyi melakukan gerak tubuh di atas panggung.
Di samping itu, mereka juga menyertakan gaya, konsep, dan orisinalitas para penyanyi sebagai bahan penilaian. Berikut para penyanyi Korea terbaik versi 27 koreografer profesional Korea

Boy band terbaik: Big Bang, B2ST, 2PM, INFINITE
Boy band yang paling banyak disebut sebagai penampil terbaik tahun ini, Big Bang. Gaya musik dan koreografi Big Bang yang selalu mengejutkan dan tak bisa diprediksi disebut-sebut salah seorang penari sebagai kekuatan terbesar grup beranggotakan G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung, dan Seungri ini.
“Kebanyakan grup idola comeback dengan tarian, musik, dan kostum yang sudah bisa diprediksi. Tapi ada sedikit grup yang kemunculannya sangat diantisipasi dan menyita perhatian publik. Salah satu dari grup itu, Big Bang,” kata Jin Jung Woon.
Nama kedua yang disebut setelah Big Bang adalah grup bentukan Cube Entertainment, B2ST. Para juri menilai, gerakan koreografi B2ST sangat orisinal dan ekspresif. Menjadi kekuatan B2ST, sehingga grup yang baru debut pada 2009 ini menunjukkan kemajuan pesat dalam karier yang terbilang masih hijau.
“Koreografi yang orisinal dan kemampuan para personel untuk mengekspresikan diri sangat baik dan stabil,” komentar seorang juri.
Grup selanjutnya yang disebut, 2PM dan INFINITE. Dua grup ini dinilai mampu menciptakan tren baru dengan cepat.
“2PM memiliki keseimbangan yang luar biasa dalam hal akrobatik dan tarian,” kata Shin Mi Yeon. Sementara itu, Bae Sae Jin memuji INFINITE memiliki bakat menari tak tertandingi.
“INFINITE memiliki bakat menari yang tak bisa ditandingi siapa pun. Bahkan meski menampilkan koreografi sederhana, masing-masing dari tujuh personelnya mampu menunjukkan gaya yang berbeda.”
Girl band terbaik: 2NE1, SNSD, Miss A, After School
girlband-terbaik-koreaDi antara grup wanita, 2NE1 -- yang pernah disebut-sebut sebagai Big Bang versi cewek -- paling memikat para juri. Selain warna musik dan kostum yang unik, aksi 2NE 1 di atas panggung dirasa para juri paling “berarwah”.
“Kemampuan mereka dalam membangun atmosfer pertunjukan sangat luar biasa. Mereka punya warna yang unik dan mampu mengekspresikan diri dengan baik,” ujar Jin Jung Woon.
“Yang saya suka, 2NE1 tak memberikan kesan seperti mesin. Mereka menunjukkan bahwa mereka menikmati saat-saat menari dan menyanyi di atas panggung,” imbuhnya.
Di posisi kedua, SNSD, Miss A, dan After School meraih suara seimbang, yakni tiga suara. “After School memiliki beragam warna menarik,” kata leader tim penari Real Eyes.
Sementara kami menduga, SNSD disebut lantaran mereka menjadi salah satu trendsetter grup wanita dan Miss A karena koreografinya yang energik dan banyak menggunakan gerakan akrobatik.
Personel boy band terbaik: Taeyang dan G-Dragon Big Bang
Giliran menentukan, siapa penyanyi terbaik. Dari deretan penyanyi pria, nama Taeyang dan G-Dragon paling banyak dipilih.
“Taeyang menari dan mengenal tarian. Dia mengeluarkan emosi ketika menari,” kata Lee Woo Won.
“Kelembutan gerakannya di panggung dan koordinasinya dengan penari, serta feel-nya yang tak bisa ditirukan siapa pun menjadi alasan terbesar (memilihnya),” imbuh Kim Tae Gyu.
Bicara soal unik, G-Dragon tiada duanya. Leader Big Bang ini disebut-sebut sebagai salah satu ikon mode paling berpengaruh di kalangan remaja Korea. Dan untuk alasan ini, ia dipilih sebagai personel boy band terbaik versi para koreografer.
“G-Dragon memiliki gaya tersendiri yang sangat spesifik,” kata Han Ji Hun.
Personel girl band terbaik: CL 2NE1, HyunA 4Minute, Minzy 2NE1, Kahi After School
Di jajaran para penyanyi wanita, pemenangnya CL. Padahal CL bukanlah personel girl band yang ayu dan imut. Dia bahkan memiliki selera mode yang cenderung nyeleneh. Tapi jangan sedih, warna suara CL seunik gaya busananya. Di mata para juri, sosok CL yang mampu memberi keunikan pada 2NE1.
“2NE1 bisa melakukan permulaan (debut) yang mulus karena mereka punya CL. CL adalah personel yang membantu mendefinisikan warna unik grup itu,” puji seorang juri.
Di posisi selanjutnya, HyunA 4Minute, yang tahun ini mulai memberanikan diri tampil solo, disukai juri karena kecerdasannya memahami gerakan.
“Kemampuan HyunA memahami koreografi adalah bakat yang dibawanya sejak lahir,” kata Kim Tae Gyu. Selain itu nama Minzy 2NE1 dan Kahi After School juga cukup menarik perhatian para juri.
“Kemampuan Kahi mengontrol kekuatan dan kelemahan gerakannya menjadi yang terbaik di antara para idola. Alih-alih menjadi penari terbaik, dia seseorang yang tahu apa yang diinginkan penonton ketika melihatnya menari,” puji Lee Won Woo.
Itu pendapat para koreografer dan penari profesional Korea. Bagaimana pendapat Anda?....
Semoga menambah wawasan kita semua
Ha ha boy band kesukaan ane masuk tuh ha ha....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar